Tutorial Photoshop – Lightning Effecct Tool

Yang kita pelajari ini sekarang adalah tentang lightning effect tools, sederhananya tool-tool yang di gunakan untuk mengatur pencahayaan. Sebenarnya untuk mengatur pencahayaan ada image tidak harus memakai tool ini , tetapi bisa juga memakai effect-effect yang telah disediakan oleh photoshop.

Tapi disini saya akan memberikan tutor tetang pemakaian tool-tool dulu aja ya … dasar-dasar aja dulu. Langsung aja :

1. Blur Tool

Blur tool ini biasanya digunain untuk memperhalus tepi sebuah image atau menghaluskan wajah yang gradakan/ndg rata.

Caranya simple aja, tinggal aktifin tuh yang namanya Blur Tool dan atur spesifikasi pada option bar. Trus tinggal goreskan blur tool tersebut pada area image yang anda inginkan untuk mejadi blur.

Nah … klo saya buat tuh gambar kapal lautnya jadi blur. Tujuannya biasanya sih untuk memfokuskan image aja.
2. Sharpen Tool


Nah klo tool yang ini kebalikannnya dari blur tool nih, klo yang ini fungsinya justru mempertajan image. Caranya sama kaya blur tool tinggal aktifin trus atur spesifikasi dan oleskan ke imagenya.


Saya buat gambar yang kedua tuh …. mukanya saya kasih sharp dikit. emang nggak jauh beda sih tapi ini beguna untuk mempertegas garis pada image. Oh iya jangan melakukan sharping di tempat yang sama secara berulang-ulang karena dapat mengakibatkan kerusakan pada image.

3. Dodge Tool


Nah klo yang ini untuk terangin gambar nih … bagi yang berkulit gelap cocok nih pake tool ini.. kowkokwokw … cara ngeggunainnya sama kek atas tinggal aktifin atur dan oles aja .. heheh

Nah…jadi lebih terang dikit kan … oh iya, tips dari saya sih klo melakukan digital imaging kek gini, klo mo di bikin teran jangan terlalu terang, bikin smooth aja biar keliatan lebih real.


4. Burn Tool

Nah justru ini kebalikan dari sponge tool, pokoknya tool-tool di photoshop klo ada untuk nerangin image pasti ada untuk gelapinnya dah J. Nah klo yang ini termasuk tool untuk gelapin gambar atau membikin gambar jadi warna kek kebakar (maaf klo bahasanya rada ke betawi-betawian.. hehhe maklum betawi asli bang ).

Lagi-lagi sama nih cara untuk ngegunaiinnya tinggal aktifin atur dan oles hahaah..

Nah jadi keliatan cemong kek abis di pukulin dah tuh .. hehhe

Nah sebenernya ada sponge tool tapi tool ini fungsinya hampir sama kek dodge tool, jadi pelajari sendiri ajah okeh . jadi itu tuh tool-toolnya gampang dan mudah tapi nanti tool – tool tersebut kita mixing dalam ngedit satu image.


Yahhh Semoga Bisa Membantu ya,.. SELAMAT MENCOBA,..


SUMBER : http://uburubur.com/2010/12/09/tutorial-photoshop-lightning-effecct-tool/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evolusi Kesepakatan Basel dan Pengembangan Pengawsan Perbankan Berdasarkan Resiko

Cara setting halaman Ukuran kertas HVS / F4 pada MS Word

INFO HARGA PEMASANGAN IKLAN